Oncom Merah Dan Tempe Menggunakan Jamur Oncom Ragi Pembuatan Mikroorganisme Peranan Kacang Jamur Hasil Munawar

Hayo, ada yang pernah cobain makanan khas Indonesia yang satu ini? Yup, namanya adalah oncom! Saya yakin sebagian besar dari kamu sudah pernah mencicipinya atau bahkan menjadi makanan favorit yang sering disantap setiap hari.

Mengapa Oncom Ternyata Sangat Bergizi?

Oncom Bergizi

Tahukah kamu bahwa oncom memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh? Meskipun terbuat dari ampas pembuatan tahu, namun oncom ternyata memiliki kandungan protein yang tinggi yaitu sekitar 25%. Selain itu, oncom juga memiliki serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan.

Tak hanya itu, oncom juga mengandung nitrogen dan mineral seperti magnesium, mangan, dan seng. Tentunya, hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuhmu agar tetap fit dan bugar sepanjang hari.

Cara Membuat Oncom

Bagi yang penasaran dengan cara pembuatan oncom, simak langkah-langkah berikut:

  1. Pilih ampas tahu yang masih belum terlalu kering.
  2. Cuci bersih ampas tahu tersebut.
  3. Sangrai ampas tahu hingga kecokelatan.
  4. Tambahkan kapur sirih dan air secukupnya, aduk rata.
  5. Simpan di wadah yang bersih dan tutup rapat.

Sudah siap mencoba membuat oncom di rumah? Jangan lupa untuk mencuci bersih ampas tahu sebelum diberikan kapur sirih ya!

Perbedaan Antara Tempe dan Oncom

Cara Pembuatan Oncom

Pernah merasa bingung antara oncom dan tempe? Sebenarnya apa sih perbedaan keduanya?

Perbedaannya cukup simpel. Tempe terbuat dari kedelai yang dicampur dengan kapur sirih dan direbus hingga matang. Sedangkan oncom dibuat dari ampas pembuatan tahu yang diragikan dan ditambah dengan kapur sirih dan air.

Walau memiliki perbedaan dalam proses pembuatannya, tetapi kedua makanan tersebut sama-sama enak dan bergizi. Jadi, kamu bisa memilih yang mana saja sesuai dengan selera kamu.

Jamur Pada Tempe dan Oncom

Jamur pada Tempe

Tak jarang kita menemukan jamur pada tempe dan oncom yang kita beli di pasaran. Jamur tersebut sebenarnya merupakan hasil dari proses pembuatan kedua makanan tersebut dan sebenarnya tidak membahayakan kesehatan jika tidak terlalu banyak.

Namun, jika kamu menemukan banyak jamur pada tempe dan oncom yang kamu beli, sebaiknya kamu segera menghentikan konsumsi sekaligus melaporkannya ke pihak produsen untuk diambil tindakan yang tepat.

Ragam Makanan Fermentasi dari Kedelai yang Lezat

Makanan Fermentasi dari Kedelai

Tak hanya oncom dan tempe saja, ternyata masih ada banyak makanan lezat lainnya yang terbuat dari kedelai dengan proses fermentasi yang sama. Berikut beberapa diantaranya:

  • Kecap: Biasanya digunakan sebagai bumbu masakan atau dipadukan bersama makanan lainnya.
  • Miso: Miso mirip seperti oncom dan memiliki tekstur yang sedikit berbeda. Miso biasa digunakan sebagai bahan dasar sup miso Jepang.
  • Natto: Natto biasanya dimakan bersama nasi di Jepang. Rasanya yang unik dipadukan dengan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.
  • Shoyu: Shoyu seringkali dijadikan bahan dasar dalam masakan Jepang seperti tempura atau ramen.

Seru bukan bisa mencoba beberapa makanan lezat lainnya yang terbuat dari kedelai? Tentunya, selain enak kamu juga akan mendapatkan kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuhmu.

Penutup

Itulah tadi beberapa fakta mengenai oncom yang notabene merupakan makanan khas Indonesia yang sudah dikenal hingga mancanegara. Selain enak, ternyata oncom juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

Jangan lupa untuk mencoba beberapa makanan lezat lainnya yang terbuat dari kedelai agar bisa merasakan nikmatnya makanan fermentasi dari bahan dasar kedelai. Selamat mencoba!


Comments

Popular posts from this blog

Dokumen Andal Rkl Dan Rpl Dibuat Metode Dan Teknik Penyusunan Dokumen Amdal (ka, Andal, Rkl-rpl

Jalan Dari Anyer Sampai Dengan Panarukan Bertujuan Untuk Pembuatan Jalan Dari Anyer Sampai Dengan Panarukan Bertujuan Untuk