Gula Jawa Memanfaatkan Perubahan Wujud Perbedaan Gula Jawa Dengan Gula Aren

Hyuk hyuk hyuk! Aku nemu foto-foto gula jawa nih, lucu-lucu banget deh! Kapan lagi kan kita bisa liat gula jawa dari sudut pandang yang berbeda?

Gula Jawa Berkuah

Gula Jawa Berkuah

Astagfirullah, gula jawa-nya ini kaya air banget ya! Kalau dimakan tuh pasti berasa kayak lagi nyari-nyari sholat jumat di tengah musim hujan. Coba bayangkan, ketika kamu lagi nggak bisa narik sujud, kamu punya gula jawa ini sebagai teman, wah pasti berasa udah ke Surga duluan deh!

Membekukan Gula Jawa

Gula Jawa Membeku

Hehehe, gula jawa ini jago banget kan ya membeku. Cuma gula jawa dan air aja, udah bisa jadi beku. Jangan ngaku jagoan kalau gak bisa bikin gula jawa kayak gini ya! Kalau lagi gak ada es batu, cobain aja dingin-dingin aja gula jawa yang sudah dibekukan ini!

7 Manfaat Gula Jawa

Manfaat Gula Jawa

Nah, kalau yang ini memang serius nih. Gula jawa ini punya 7 manfaat buat tubuh, loh! Mulai dari menurunkan kadar gula darah, mengandung antioksidan, hingga bisa jadi pemanis alami yang gak bikin nggak sehat. Jangan lupa ya, gak boleh asal makan manis, harus tetap dijaga pola makan dan kesehatannya.

Bedanya Gula Aren dan Gula Jawa

Perbedaan Gula Aren dan Gula Jawa

Ini lho yang sering bikin bingung, bedanya gula aren dan gula jawa. Kalau menurut foto yang aku temukan, gula aren bentuknya kayak blok, tapi gula jawa bentuknya kayak butiran-butiran kecil gitu. Yang jelas, rasanya sama-sama enak, bangga dengan produk dalam negeri!

Gula Jawa Buat Ayam Bangkok

Gula Jawa Ayam Bangkok

Gula jawa ini nggak cuma buat manusia, tapi juga buat ayam loh! Ayam Bangkok khususnya, katanya kalau diberikan sewaktu muda bisa mempengaruhi bentuk tubuh dan struktur tulang ayam. Jangan sampai ayam kamu kalah cantik dan kuat dengan ayam tetangga ya!

Gula Jawa Sebagai Obat Keracunan Makanan

Gula Jawa Obat Keracunan

Ini gula jawa-nya nggak cuma enak, tapi juga bisa jadi obat lho. Khususnya obat keracunan makanan, tinggal racik gula jawa sama air jeruk nipis, baru diminum deh. Awas, jangan sembarangan keracunan makanan ya, kecuali memang pengen coba minum gula jawa dengan jeruk nipis ini.

Perbedaan Gula Jawa dengan Gula Aren

Perbedaan Gula Jawa dan Gula Aren

Ini lagi-lagi soal perbedaan gula aren dan gula jawa, tapi bedanya kali ini lebih jelas lagi. Kalau liat gambar ini, dari kiri ke kanan, ada gula jawa hijau, gula aren merah, dan gula jawa coklat. Gak cuma beda warna aja, tapi juga beda rasanya. Gak salah tuh kalau lagi makan gudeg lalu nemuin gula jawa hijau, jangan dibuang-buang ya!

Proses Pembuatan Gula Jawa

Proses Pembuatan Gula Jawa

Untuk yang terakhir ini, aku mau kasih tau soal proses pembuatan gula jawa. Ternyata, gula jawa ini dibuat dari nira pohon kelapa dan diproses dengan cara didihkan. Setelah itu, nira yang sudah menjadi larutan gula kental itu disaring dan dibentuk menjadi gula jawa butiran. Wah, seru juga ya melihat proses pembuatan produk-produk tradisional seperti ini.

Nah, itu tadi foto-foto gula jawa yang aku temukan dan penjelasannya. Semoga bisa jadi hiburan pada hari-hari kamu yang biasa-biasa aja. Jangan lupa, tetap konsumsi gula jawa dengan bijak, ya!


Comments

Popular posts from this blog

Dokumen Andal Rkl Dan Rpl Dibuat Metode Dan Teknik Penyusunan Dokumen Amdal (ka, Andal, Rkl-rpl

Jalan Dari Anyer Sampai Dengan Panarukan Bertujuan Untuk Pembuatan Jalan Dari Anyer Sampai Dengan Panarukan Bertujuan Untuk

Oncom Merah Dan Tempe Menggunakan Jamur Oncom Ragi Pembuatan Mikroorganisme Peranan Kacang Jamur Hasil Munawar